Kelebihan dan Kekurangan Ban Tubless dan Ban Biasa

Ban Tubless dan Ban BiasaMemilih Ban Tubless atau Ban Biasa ---Ban memiliki peranan penting terhadap kendaraan. Memiliki fungsi dasar yang langsung berhubungan dengan pergerakan kendaraan di jalan. Oleh karena itu, penting bagi setiap pemilik kendaraan untuk memilih ban yang tepat sesuai dengan kebutuhan kendaraannya.

Jika dilihat dari jenis ban, setidaknya ban bisa dibagi menjadi dua macam, yaitu Ban Tubless dan Ban Biasa. Kedua jenis ban ini, baik Ban Tubless ataupun Ban Biasa, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Apa sajakah Kelebihan dan Kekurangan Ban Tubless dan Ban Biasa?

KELEBIHAN DAN KUNGGULAN BAN TUBLESS
Banyak pemilik kendaraan bermotor yang beralih menggunakan ban tubeless karena keunggulannya yang anti-bocor, meskipun sebenarnya ban tubeless tidak benar-benar anti-bocor. Karena Ban tubeless bukanlah ban anti-bocor, melainkan tidak langsung kempes begitu ban terkena paku sehingga pemilik kendaraan masih sempat untuk membawa motor atau mobilnya ke tempat tambal ban terdekat.

Keunggulan ban tubeless yang tidak langsung kempes ini bagi pengendara motor adalah tidak perlu takut lagi terjebak di area yang gelap dan berbahaya karena ban motor terkena paku. Hal itu juga akan sangat berguna apabila pengendara motor sering pulang malam dan tak ada tukang tambal ban di dekat tempat kejadian.

Ban tubeless juga cocok untuk digunakan ketika mengebut dan menikung karena memiliki bentuk alur ban yang lebih mencengkeram jalanan. Ban jenis ini sangat stabil digunakan ketika kendaraan sedang kondisi kecepatan tinggi. Jika Anda pintar merawat ban tubeless, tentu pengeluaran menjadi lebih sedikit dibandingkan jika memakai ban biasa yang harus bolak-balik ke tukang tambal ban.
KEKURANGAN BAN TUBLESS
Sayangnya, ban tubeless ini hanya bisa digunakan pada pelek racing. Walaupun sudah ada alat yang dapat memasang ban tubeless pada pelek jari-jari, tetap saja risiko bocornya nitrogen tetap ada. Selain itu, kekurangan lain ban tubeless adalah harganya yang relatif lebih mahal dibanding ban biasa. Ban tubeless juga lebih keras dibanding ban biasa karena memiliki struktur karet lebih tebal dan padat.

Karena itu, jika Anda sering melewati jalanan yang rusak menggunakan ban tubeless, justru pelek dan komponen lain akan cepat rusak. Ban tubeless lebih cocok digunakan di jalan yang bagus. Baca juga: Tips Mengatasi Ban Mobil Aus Karena Jalan Rusak pada artikel sebelumnya.
KELEBIHAN DAN KUNGGULAN BAN BIASA
Ban biasa, atau yang biasa disebut dengan ban tube, adalah ban konvensional yang masih menggunakan ban dalam. Masih banyak mobil dan motor yang menggunakan ban biasa ini, terutama di daerah pedalaman yang tidak begitu familiar dengan ban tubeless. Hal itu memang sangat cocok, mengingat ban biasa sangat tahan jika digunakan di jalanan yang kurang begitu bagus, sebab struktur karet lebih empuk.

Keunggulan lain dari ban biasa adalah umurnya yang lebih panjang karena terbuat dari compound yang cukup kuat. Motor yang menggunakan ban biasa sangat nyaman digunakan ketika jalanan macet karena mampu bermanuver dengan baik. Harga ban biasa pun lebih murah dibandingkan ban tubeless, dan ban biasa dapat dipasang pada segala jenis pelek ban.
KEKURANGAN BAN BIASA
Khusus bagi Anda pengguna ban biasa, kekurangan utama dari ban biasa adalah mudah bocor dan menjadi makanan empuk ranjau paku. Bagi pengendara motor, kalau lagi apes, Anda harus mencari tukang tambal ban yang letaknya sangat jauh dari tempat Anda mengalami ban bocor.

Belum lagi Anda harus mendorong motor hingga jarak yang tak tentu. Lebih sial lagi jika ternyata ban dalam ternyata sudah robek sehingga mau tak mau harus diganti dengan ban dalam baru, tidak bisa ditambal lagi. Dengan demikian, pengeluaran pun akan lebih mahal.
Akhirnya, semoga informasi tentang Kelebihan dan Kekurangan Ban Tubless dan Ban Biasa diatas bisa menjadi panduan bagia Anda untuk menentukan jenis ban apa yang bisa Anda gunakan. Salam OtoZones!

Baca Tips dan Info Otomotif Lainnya:

Newer Post Older Post Kumpulan Tips dan Info Otomotif Terbaru
 

Copyright © 2015 Kumpulan Tips dan Info Otomotif | Powered by Blogger