Mengetahui Kondisi Kelistrikan Pada Kiprok Sepeda Motor

Mengetahui Kondisi Kelistrikan Pada Kiprok Sepeda MotorTips dan Cara Mengecek Kiprok Motor ---Untuk mengetahui kondisi kelistrikan pada sepeda motor memang terkadang memang gampang-gampang susah. Jika ada masalah pada lampu yang tak mau menyala atau redup, starter elektrik tak berfungsi, lampu sein tak bekerja sempurna, langsung yang terpikir di kepala adalah masalah ada pada aki sebagai sumber dayanya. Alhasil, tidak sedikit pemilik sepeda motor harus membeli aki motor baru. Sayangnya aki baru ini juga tidak menyelesaikan masalah. Justru aki cepat soak dan tidak bertahan lama. Apa yang terjadi?

Memang ada banyak faktor yang perlu diperhatikan saat ingin mengetahui kondisi kelistrikan pada sepeda motor. Salah satunya adalah mengecek kiprok motor (Regulator Rectifier atau Silicon Controlled Rectifier), yang berfungsi untuk menyearahkan arus bolak balik AC (Alternating Currentt) yang dihasilkan oleh magnet dan sepul menjadi DC (Direct Current).

Selain menselaraskan arus bolak-balik listrik pada sepeda motor, Kiprok Motor juga memiliki peranan untuk mengatur stabilitas aliran alur listrik yang akan dikirimkan ke pengapian sesuai dengan putaran mesin. Bisa dibayangkan apa yang terjadi jika kondisi kiprok motor bermasalah. Jika kiprok rusak, maka pengisian listrik ke aki akan lemah dan lampu motor akan meredup. Jika dibiarkan, bukan tidak mungkin akan menyebabkan aki soak. Lalu, bagaimana Cara Mengecek Kondisi Kiprok Motor ini?

Tips dan Cara Mengecek Kiprok Motor

Untuk Mengetahui Kondisi Kelistrikan Pada Kiprok Sepeda Motor, caranya sangat mudah. Pastikan kondisi kabel dan soket yang menghubungkan sepul, kiprok dan aki, semuanya terpasang dalam keadaan sempurna. Jika sudah, nyalakan mesin motor dan biarkan menyala tanpa di gas selama beberapa saat. Setelah itu sentuh kiprok dengan tangan, jika terasa hangat dan perlahan memanas berarti kiprok dalam kondisi normal. Apabila mesin sudah menyala selama beberapa menit dan kiprok masih tetap saja dingin berarti kiprok motor sudah tidak berfungsi lagi dan harus diganti yang baru.

Tanda Kiprok Motor Mengalami Kerusakan

JIka melihat buku petunjuk, cara untuk mengetahui kiprok yang rusak adalah dengan menggunakan sebuah alat yang bernama multitester. Sayangnya, tidak semua orang memiliki alat tersebut. Tapi sebenarnya kiprok yang tidak berfungsi bisa diketahui dari ciri-ciri lain.

Jika tidak menngunakan multitester, unutk Mengetahui Kondisi Kelistrikan Pada Kiprok Sepeda Motor adalah jika lampu depan yang redup bahkan mati sama sekali. Jika suplai arus dari sepul lampu sedang dalam keadaan normal, maka kemungkinan besar kiprok motor sudah mati atau tahanan antar terminal kiprok dari sepul dan massa terhubung langsung.

Ciri lainnya adalah aki yang sering dan cepat habis atau rusak. Kalau kondisi sepul dan suplai arus berjalan normal kemungkinan kiprok sudah tidak berfungsi.
Demikianlah artikel Tips Otomotif tentang Tips dan Cara Mengetahui Kondisi Kelistrikan Pada Kiprok Sepeda Motor pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan salam OtoZOnes!

Baca Tips dan Info Otomotif Lainnya:

Newer Post Older Post Kumpulan Tips dan Info Otomotif Terbaru
 

Copyright © 2015 Kumpulan Tips dan Info Otomotif | Powered by Blogger